Layanan Helpline Keamanan Digital Access Now dan Apple threat notification

Digital Security Helpline and Apple threat notifications

Layanan Helpline Keamanan Digital Access Now dan Apple threat notification

Berikut adalah halaman khusus untuk memberikan panduan bagi mereka yang memiliki pertanyaan terkait peringatan dari Apple bagi penggunanya, terkait kemungkinan serangan yang bertujuan untuk membahayakan perangkat mereka dan dapat meliputi penggunaan spyware.

Dikelola oleh Access Now, halaman ini tidak berafiliasi dengan Apple.

1. APAKAH LAYANAN HELPLINE KEAMANAN DIGITAL ACCESS NOW?

Layanan Helpline Keamanan Digital adalah team khusus yang menyediakan bantuan teknis langsung serta dukungan bagi kelompok masyarakat sipil dan pembela HAM di seluruh dunia. Termasuk diantaranya analisa forensik atas malware yang menarget masyarakat sipil dan mengungkap penyalahgunaan teknologi surveillance di berbagai penjuru dunia.

2. APAKAH APPLE THREAT NOTIFICATION?

Menurut Apple, peringatan ancaman memberi tahu dan membantu mereka yang menggunakan perangkat mereka yang mungkin telah menjadi sasaran serangan spyware oleh pihak bayaran. Apple akan mengirimkan pemberitahuan ini melalui email atau iMessage ke alamat dan nomer telephone yang didaftarkan pada Apple ID pengguna. Pembertiahuan ini juga ditampilkan di bagian atas halaman yang terbuka setelah pengguna melakukan sign in dengan menggunakan Apple ID-nya ke apple.com

Bahasa yang digunakan dalam Pemberitahuan Apple tidak mengindikasikan pelaku serangan, atau teknologi yang dideteksi oleh Perusahaan, yang mana hal ini memerlukan analisa tambahan. Namun demikian, bahkan dalam situasi dimana memungkinkan untuk mengidentifikasi spesifik spyware digunakan (misalnya Pegasus dari NSO Group), akan tetap sulit untuk merujuk ke pemerintah mana sebagai operator, karena pembuat spyware secara khusus merancang spyware untuk mengaburkan asal-usul dari teknologi yang digunakan dan mempersulit atribusi.

3. APA PERAN ACCESS NOW DALAM APPLE THREAT NOTIFICATION?

Access now tidak memainkan peran apapun dalam proses identifikasi dan pengiriman Apple’s Threat Notification. Sekalipun Apple merujuk pada layanan Helpline sebagai sumberdaya untuk memastikan kelompok masyarakat sipil yang menjadi target untuk dapat meminta dukungan, Access Now tidak mempunyai informasi tambahan terkait pemberitahuan Apple, yang dikirim secara eksklusif oleh Apple’s Security Engineering & Architectural Team.

4. APA YANG HARUS DILAKUKAN JIKA ANDA MENERIMA THREAT NOTIFICATION DARI APPLE?

Jika anda menerima threat notification dari Apple, kami merekomendasikan anda untuk mengikuti langkah-langkah pengamanan berikut:

1. Pastikan sistem operasi perangkat anda up-to-date. Anda dapat menemukan instruksinya disini.
2. Ikuti panduan yang disediakan Apple, termasuk instruksi untuk mengaktifkan Lockdown mode, yang dapat anda lihat disini.
3. Jangan hapus perangkat anda, karena ini tidak menjamin dapat mencegah penularan baru. Alih-alih, buat backup dari perangkat yang terdampak untuk menyimpan bukti potensi telephone anda menjadi sasaran. Anda dapat menemukan instruksinya disini.

5. SIAPA YANG DAPAT DIBANTU LAYANAN HELPLINE DIGITAL SECURITY?

Fokus layanan Helpline kami adalah untuk mendukung orang-orang dan kelompok beresiko. Karena itu, kami hanya dapat mendampingi anggota masyarakat sipil, yang meliputi jurnalis independen, blogger, aktivis dan pembela HAM.

Anda dapat memeriksa mandat kami serta pertimbangan tambahan dari dukungan kami dengan melihat pada Helpline Terms of Service. Jika anda bukan bagian dari masyarakat sipil, kami sayangnya tidak memiliki kapasitas untuk membantu anda. Kami mendorong anda untuk melihat dan mengikuti panduan Apple atau menghubungi spesialis lain.

6. APA YANG DAPAT DILAKUKAN HELPLINE DIGITAL SECURITY UNTUK ANDA?

Kami memahami perasaan terdesak yang mungkin anda rasakan setelah menerima threat notification dari Apple. Namun perlu disadari, bawa pemberitahuan ini biasanya terkait dengan percobaan untuk mengakses perangkat anda beberapa bulan sebelum threat notification dikirimkan. Untuk memahami apa yang sesungguhnya terjadi pada perangkat anda diperlukan penyelidikan forensik.

Anda dapat menghubungi kami di [email protected]

Mohon juga dipahami, bahwa proses vetting dari beneficiary baru dan proses analisis itu sendiri dapat memakan waktu.